Thursday, July 25, 2013

Tentang Nukleoplasma

Nukleoplasma adalah cairan inti (karyotin) yang bersifat transparan dan semisolid (kental). Nukleoplasma mengandung kromatin, granula, nukleoprotein, dan senyawa kimia kompleks. Pada saat pembelahan sel, benang kromatin menebal dan memendek serta mudah menyerap zat warna disebut kromosom. Benang kromatin tersusun atas protein dan DNA. Di dalam benang DNA inilah tersimpan informasi kehidupan. DNA akan mentranskripsi diri (mengopi diri) menjadi RNA yang selanjutnya akan dikeluarkan ke sitoplasma.

Fungsi Nukleoplasma
 - Apakah teman-teman sedang mencari informasi tentang Fungsi Nukleoplasma atau kegunaan dari Nukleoplasma? Dari berbagai sumber yang saya dapatkan dari internet, menyebutkan bahwa Nukleus merupakan organel yang paling penting bagi sel. Pada bagian tubuh ada sel yang mempunyai dua nukleus seperti sel otot jantung dan ada multinukleus seperti sel otot rangka.

Berdasarkan morfologi, maka nukleus terdiri atas:
1. Membran nukleus
2. Kromatin
3. Nukleolus
4. Nukleoplasma
Inti sel berbentuk bulat atau lonjong, dibatasi oleh membran rangkap. Fungsi inti sel adalah sebagai pusat aktivitas sel dan sebagai pengatur pewarisan sifat-sifat keturunan (kromosom).
Dari informasi yang sudah dipaparkan diatas, maka secara gamblang kita dapat membuat kesimpulan bahwa Nukleoplasma merupakan bagian dari inti sel yang tersusun dari Asam nukleat (DNA dan RNA), dan berperan dalam menentukan kode protein yang harus dibentuk RNA membawa kode ke ribosom.


No comments:

Post a Comment

Organel Sel Hewan | Pengertian dan Fungsi masing-masing

Organel Sel Hewan dan Fungsinya 1. Membran Sel Membran sel adalah bagian paling luar yang membungkus sel yang tersusun atas lemak (li...