Thursday, July 25, 2013

BUKAN CINTA KECOA BIASA

BUKAN CINTA KECOA BIASA
Gabungan dari Rico De Coro & Cerita Raditya Dika

Sebelumnya ini adalah tugas Bahasa Indonesia gue, cerita ini SANGAT DI ILHAMI OLEH NOVEL RICO DE CORO & KUMPULAN CERITA DARI BANG RADITYA DIKA. Karena gue suka banget baca novel buatan dari Bang Radit, ya gue punya ide buat nggabungin novel dia sama Rico De Coro. Jika ada kesamaan, mohon dimaklumi, bisa dibilang juga cerita gue ini adalah gabungan dari Rico De Coro dan Manusia Salmon yang di edit dengan lembut. Selamat membaca, semoga tertawa ya!


Tidak banyak reaksi yang bisa diberikan oleh seorang cowok ketika sedang diputusin oleh pacarnya.
            Padahal, profesi pemutusan umumnya dimulai dari kalimat sederhana yang keluar dari mulut si cewek, ‘Kayaknya mendingan kita temenan aja.’ Lalu si cowo
k bingung merespon apa. Kalau adegan putus ini ada di dalam sinetron bergenre drama, biasanya kamera akan di close up tepat ke mata si cowok yang melotot. Adegan ini makin diperkuat dengan suara geraman si cowok yang ibarat manusia sudah tiga tahun susah buang air besar. ‘Mmmmmmhh…. Apaaahhh???! Kamu  mau putuuusshh?’ Sementara di film laga, biasanya si cowok melanjutkan adegan melotot tersebut dengan naik burung elang, lalu melawan  naga.
            Tapi di dunia nyata cowok pasti berlagak stay cool .  Biar gak keliahatan cemen,  harga diri lebih penting., padahal kalau  malem hari biasanya nangis, di kamar mandi showeran sambil bilang ‘Apaaaah salah akuuw?? Kurang apaaah aku  iniiiii”.
            Gue lahir di kota kecil ini, yak, Kebumen tercinta. Temen- temen manggil gue Eja, biar keliahatan keren. Waktu kecil gue tinggal di Gombong, Rumah  kecil, deket jalan raya, di tengah – tengah sawah, tapi banyak kenangan yang tersimpan disana. Gue tinggal di Gombong dari umur 4 tahun sampai kelas 3 SD.
Cinta monyet? Waktu SD gue masih bingung saat denger dua kata itu pertama kali dari mulut nyokap gue: cinta monyet. Agak bingung juga kenapa monyet disamain sama manusia. Gue ngerasa kalo suka ama cewek sama seperti orang dewasa suka dengan orang dewasa lainnya gak kayak monyet.
Gue udah mengenal cinta waktu itu. Masih bocah aja udah main cinta – cintaan. Cewek yang gue taksir waktu itu namanya Indy. Hal pertama yang berubah semenjak gue naksir Indy adalah semua yang berhubungan dengan penampilan. Gue emang bocah ingusan, tapi semenjak gue naksir Indy semua berubah, layaknya kecoa yang menjadi superman.
            Waktu kecil sampe kelas 3 SD gue tinggal di Gombong, gue udah akrab sama yang namanya kecoa. Maklum rumah kan deket sawah gitu. Gue ngerasa kecoa itu keren, ada sayapnya gitu, sama ada navigasi di sungutnya. Tapi kenyataannya, kecoa sering dianggap sebagai kalangan buangan, menjijikkan. Banyak orang yang takut sama kecoa tersebut. Ya maklum sih, kalangan kecoa sukanya tinggal di lingkungan lembab,gelap, dan berjamur. Bentuknya juga menakutkan, lebih menakutkan daripada guru fisika. Tapi betapa bodohnya diriku waktu tinggal di Gombong, gue sama kecoa udah kayak bersahabat, persahabatan dengan kecoa liar, ganas (eyaaaaaa).
            Pas sore itu waktu SD kelas 2 gue iseng nangkep kecoa dengan tangan kosong, geli banget, dua kecoa men, Lalu gue adu, siapa yang terkuat, semacam smack down antar kecoa malang.  Mereka saling gigit, tending, banting, liar ganas!!!!! #lupakan. Akhirnya ada salah satu dari mereka yang menang, gue bangga waktu itu. Kecoa yang menang emang badannya lebih gede dan keker. Gue taruh di pundak lalu gue pamerin ke pembantu gue, alhasil……... pingsan. Gue namain kecoa ini dengan nama “Enko”, haha. Entah darimana ide nama tersebut.
            Dan sangat gue menemukan nama untuk kecoa aduan tadi, Ayu melintas di depan rumah gue. Gue mengangkat alis sambil melotot. Gak nyangka banget, cewek yang gue taksir melintas saat gue main kecoa. Gue lalu berlagak gila, bicara sama si Enko
‘Ko, si Indy cantik ya, kira-kira dia mau gak jadi pacar aku? ‘
Enko seperti menjawab ‘Mana mau Indy sama elu, itu ingusnya dielap dulu, yaelah’
            Saat itu, Indy sudah menghilang. Lalu dengan kekuatan kuda poni, gue lari sekuat tenaga masuk ke kamar nyokap. Ya, di depan kaca gue mengucapkan kata – kata seperti ini, ‘Halo Indy, kamu mau kemana?, sinih main ke rumah aku  hehehe?’ Padahal Indy udah pergi, gue baru latihan ngomong di depan kaca, nasib.
            Ini adalah  masa-masa suara gue masih bernada tinggi, tipis, terdengar seperti suara banci. Setiap pagi sebelum masuk ke sekolah, pasti gue masuk kamar nyokap cari parfum, Enko juga gue ajak untuk memilih wangi terbaik. Seperti seorang ahli kimia, gue campur satu parfum dengan lainnya, tapi gue nggak tau kalo satu parfum dicampur dengan parfum lainnya baunya bisa lebih buruk dari kotoran singa laut. Gue coba semprot parfum yang udah gue campur kearah Enko, kayaknya dia suka. Jadi gue semprotin nih parfum ke semua badan. Shampoo di kamar mandi jugak gue campur campur, shampoo deedee gue campurin sama sunsilk nyokap. Gue gak begitu yakin, gue coba tetesin ke Enko, dia pingsan satu menit.
            Hal yang tidak berubah dari SD sampai sekarang ini adalah gue selalu senang untuk berada di atas panggung. Entah pentas music atau cumin salto di atas panggung.
            Kebetulan di SD Gombong dulu, setiap 17-an  selalu ada pentas tari.
            Gue dalam hati langsung jerit ‘YES’
            Gue bisa menunjukkan semua ini kepada Indy, gue pengin kelihatan punya bakat menari di hadapan dia.
            Bagi gue, nggak peduli apa tariannya, bagaimana gayanya, dan seperti apa musiknya, yang penting adalah berdiri di atas panggung dan tampil.
            Begitu pulang, gue langsung mewartakan kabar gembira ini kepada keluarga di rumah: nyokap, bokap, nenek, paman dan tante. Enko juga, dia lompat lompat kegirangan. Mantap. Gue pun latihan dengan suka cita. Lagu yang dipake kayak lagu senam kesegaran jasmani. Dan gaya tariannya cumin muter – muterin lingkaran sambil goyang pinggul. Gue agak enggak setuju dengan rutinitas tarian ini kurang asyik.
            Gue pun minta bantuan Enko, dia ngajarin beberapa gerakan liar. Enko seperti melalukan lompat macan di udara, gue ngikutin apa yang di lakuin. Gue sama Enko menambahkan goyangan – goyangan sendiri. Dengan goyangan ke kiri dan kanan dicampur lompat macan ajaran Enko, pasti suatu hari nanti akan menginspirasi Ricky Martin. Setelah melihat goyangan buatan gue sama Enko yang dinamakan ‘Kecoa Funky’ dia bilang, ‘Eja, kamu punya bakat, yah, jadi penari’. Yang gue nggak tau dalem hati bilang, ‘Ini anak pasti lupa minum obat lagi’.
            Akhirnya hari yang dinantikan pun tiba, gue berdoa supaya acara ini lancar. Alhasil gue ke sekolah membawa Enko di tas. Kecoa berada di tas gue. Mantep. Sebelum pentas, gue ke kamar ganti. Mengeluarkan baju pentas, dan tak terlupa Enko. Baju pentasnya simple sih, Cuma kaus oblong sama sarung. Saat itu gue memakai sarung di bantu Enko.  Dan gue gak tahu bahwa peraturan pertama pentas dengan memakai sarung adalah memakai kolor. Semua temen sepertinya mengetahui hal itu diuar kepala.
            Mereka mungkin udah pernah pentas di tempat lainnya menggunakan sarung dan nyokap-bokap mereka berpensan dengan hati – hati kepada mereka, ‘Nak, kamu entar kalo mau pentas jangan lupa pake kolor ya.’ Lah gue? Gue gak pernah dapet wejangan maha super bijak seperti itu. Enko di pundak gue pun cuman bengong ngelihatin gue make sarung, dia gak tahu kalo sarung harus di lipet dan harus kenceng supaya gak melorot. Gue pun pentas tanpa memakai kolor di balik sarung. Dan pada saat itu gue lupa dimana tas, acara mau dimulai, yaudah, Enko gue umpetin di balik sarung, GELI!!!!!.
            Kita semua pernah tau  cerita tentang gimana kehadiran sesosok cewek di tengah – tengah penonton bisa menggenjot semangat kita dalam melakukan sesuatu. Kayak di film – film silat itu, pas jagoannya lagi ngelawan musuh bebuyutannya terus tiba-tiba si cewek teriak menyemangati dan akhhirnya si jagoan pun menang. Itu persis yang dilakukan Indy. Walaupun dia gak teriak-teriak, tapi udah berada di tengah-tengah penonton.
            Hati gue bagai terpompa.
            Musik pun mulai. Hap! Gue nari dengan penuh semangat, gak tau  keadaan Enko yang ada di balik sarung gue. Pinggul gue bergoyang liar. Keras. Cepat. Cadas.Mantap. Gue mengeluarkan jurus goyangan kecoa funky ajaran Enko. Gue liat kearah Indy, dia senyum-senyum gitu. Gue keringetan. Seumur-umur gue nggak pernah ngerasa excited. Gue lanjutin gerakan macan-kumbang-mabok gue ini. Lalu malang tak dapat ditolak, Untung sepupunya Donal Bebek, tiba-tiba………….
            SARUNG GUE MELOROT.
            Enko terlihat
           
            Histeris.
            Ada yang teriak.
            Ada yang menjerit-jerit.
            Ada yang pingsan ngeliat kecoa di balik sarung melorot, sumpah gue malu setengah mati, gue jugak bawa si Enko lagi, AAAAAAHH MANA ADA NARI BAWA KECOA TERUS MELOROT, PARAAAH CUUUUUY.Si Enko terbang menuju arah penonton, suasana semakin panas. Anak-anak pada lari ngibrit kemana-kemana. Ada sekitar sepuluh detik, gue mencoba menghilangkan rasa malu ini. Gue benerin sarung. Gue terus lari kearah penonton mencari sahabat gue, si Enko.
            Sekarang gue yang histeris ‘ENKOOOOOOOOO’ Enko terbaring di antara kursi penonton, di lemas tak berdaya. Gue nangis gelalapan. Si Enko pergi untuk selamanya. Sahabat gue untuk pertama kalinya, dan gue membawanya pulang kerumah, kubur di belakang rumah. Untuk pertama kalinya gue merasa sangat kehilangan. Baru beberapa hari kita lalui, secepat ini dia pergi meninggalkan gue. Gue berdoa untuk yang terbaik ke depannya.
           Indy?

            Dia menghilang.

           
           
            

No comments:

Post a Comment

Organel Sel Hewan | Pengertian dan Fungsi masing-masing

Organel Sel Hewan dan Fungsinya 1. Membran Sel Membran sel adalah bagian paling luar yang membungkus sel yang tersusun atas lemak (li...